Makanan Khas Belitung


Ketika berlibur ke sebuah tempat, kita pasti ingin mencoba hal baru serta memiliki rasa tahu ingin tahu yang besar, entah itu mengenai objek wisata, sejarah maupun budaya setempat dan satu hal yang tidak mungkin ketinggalan yakni kuliner atau makanan yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas Belitung. Makanan apa sajakah? mari kita bahas satu per satu.

Gangan (Sop Ikan)
Ini adalah menu yang wajib anda santap ketika berkunjung ke Belitung. Gangan adalah sop ikan yang dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia yang biasa anda lihat didapur rumah anda seperti bawang putih, bawang merah, serai, kunyit, lengkuas, daun salam, cabe rawit, terasi, asam jawa, gula dan garam. Untuk memperkaya cita rasa dari Gangan, biasanya ditambahkan irisan nanas muda atau potongan singkong. 
Jenis ikan sangat mempengaruhi cita rasa dari Gangan yang dapat memberikan rasa yg berbeda pula. Gangan bisa dimasak dengan menggunakan ikan air tawar seperti gabus atau lele dan menggunakan ikan air laut. Tetapi ketika anda berkunjung ke restoran lokal yang ada di Belitung, biasanya mereka menggunakan ikan air laut seperti ikan ketarap dan baronang yang cita rasanya sudah pasti two thumbs up.

Bakmie
Satu lagi menu yang pasti akan anda santap ketika berkunjung ke Belitung yakni bakmie. Bakmie Belitung sangat jauh berbeda dengan bakmie pada umumnya seperti bakmie Kalimantan atau Medan. Jadi, ketika anda pertama kali mencoba, mungkin anda akan berpikir "ternyata ada ya bakmie seperti ini, beda sekali" :p

Bahan-bahan bakmie Belitung adalah mie kuning kemudian ditambahkan tauge, irisan tahu goreng, kentang rebus, mentimun, gimbal udang dan keripik melinjo kemudian disirami kuah kari udang yang manis, gurih dan harum. Kekuatan utama terletak pada kuah kari udang yang memberikan rasa kemudian bahan-bahan yang segar dan tingkat kekenyalan mie yang pas juga dapat mempengaruhi cita rasa. Trust me, one plate only is not enough!

Otak-Otak
Makanan selanjutnya adalah otak-otak. Walaupun namanya menyeramkan 'otak-otak' bukan berarti makanan ini terbuat dari otak hewan. Makanan yang satu ini terbuat dari daging ikan air laut seperti tenggiri, kakap dan ekor kuning.

Untuk di Belitung lebih banyak menggunakan ikan ekor kuning karena tekstur dagingnya yang kenyal sehingga tidak perlu lagi dicampur dengan sagu. Daging ikan kemudian diadon bersama bawang merah, garam dan dicampur dengan santan dan setelah jadi, adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga matang.

Otak-otak kemudian disantap dengan menggunakan saus cabe yang rasanya manis, asam, asin. Saus cabenya terbuat dari bawang putih, cabe merah, garam, gula, dan jeruk limau. Dijamin, lidah anda akan bergoyang sampai bungkus terakhir.

Hidangan Laut
Coba sebutkan menu hidangan laut apa yang ingin anda santap, ikan goreng? ikan bakar? cumi goreng asam manis? udang goreng tepung? rajungan? kepiting saus tiram? semuanya tersedia di Belitung.
Belitung adalah sebuah pulau yang kaya akan hasil laut, jadi salah satu menu andalannya adalah hidangan laut. Berbagai jenis ikan, kepiting, udang, cumi, kerang, teripang tersedia disini. Jadi, jika anda penggemar berat hidangan laut anda tidak perlu khawatir untuk soal yang satu ini, ditambah lagi dengan adanya sambel belacan khas Belitung yang pastinya akan meningkatkan nafsu makan anda.