Dimanakah Pulau Belitung?


Mungkin beberapa dari Anda masih merasa asing dengan Belitung, dimanakah letak pulau ini?

Pulau yang biasanya disebut Belitong oleh orang-orang setempat ini terletak dilepas pantai timur Sumatera yang diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata.

Secara geografis Pulau Belitung terletak pada  107°31,5' - 108°18' Bujur Timur dan 2°31,5'-3°6,5'  Lintang Selatan dengan total luas area 480.010 ha.

Pulau Belitung disebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan, sebelah timur berbatasan dengan Selat Karimata, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa dan sebelah barat berbatasan dengan Selat Gaspar.

Jika dilihat dari peta, Pulau ini terletak diarah utara ibukota Jakarta. Jarak tempuh dengan menggunakan pesawat memakan waktu sekitar 45-50 menit. Jadi, tidak begitu jauh bukan?

Dahulu Belitung termasuk dari bagian provinsi Sumatera Selatan, namun pada tahun 2000 bersama Pulau Bangka memekarkan diri dan membentuk provinsi baru yakni provinsi ke-31 di Indonesia dengan nama Provinsi Bangka-Belitung.

Pulau Belitung sendiri memiliki dua kabupaten yakni Kabupaten Belitung beribukota Tanjungpandan dengan cakupan wilayah meliputi 5 kecamatan dan Kabupaten Belitung Timur beribukota Manggar dengan cakupan wilayah meliputi 4 kecamatan.

Menurut data sensus penduduk 2010, jumlah penduduk di Pulau Belitung adalah sebanyak 262.356 jiwa dengan tingkat kepadatan sekitar 110 orang/km2 dan penduduk mayoritas adalah suku Melayu dan Tionghoa.